≑ Menu

Merokok

Lagi ngerokok di sekitaran jalan riauGw jadi teringat dulu, pertama kali gw ngerokok ketika gw masih duduk di bangku SD tapi gw sudah lupa kelas berapanya, seingat gw waktu itu hanya bisa ngambil tanpa permisi rokoknya pamanku yang kalo nga salah Marlboro merah (kalo perisi dulu ya sudah disembeleh kali ya).

Kegiatan merokok gw berlanjut hingga SMP, tapi karena uang jajan pas-pasaan yang hanya cukup untuk ongkos angkutan pedesaan plus beli bala-bala 2 biji, akhirnya keinginan untuk merokok pun sedikit tersendat-sendat bahkan hampir engga pernah lagi, solanya sudah ngerti kalo ngambil punya orang laen tanpa izin itu perbuatan dosa, trus nga berani minta duit buat beli rokok (kalo minta duit buat beli rokok sama aja bunuh diri πŸ˜€ )


Waktu terus berlanjut hingga gw memasuki masa SMA yang katanya masa-masa yang tidak akan pernah dilupakan, masa-masa yang dipenuhi dengan kenangan-kenangan indah yang belum tentu bisa dilupakan begitu saja, kegiatan merokok semakin menjadi-jadi, soalnya uang saku buat sekolah pun ikut naek walaupun tidak begitu signifikan :D, ya cukup buat naek angkot plus jajan bala-bala 5 biji, so uang saku gw bertambah 3 biji bala-bala (1 biji bala-bala=Rp 100) , apalagi pas SMA banyak temen yang ngerokok juga, jadinya ada sandaran sebagai tempat untuk numpang ngambil sebatang (kismin berad ya πŸ™ ).

Kegiatan merokok sampai sekarang pun masih menjadi suatu kebiasaan sehari-hari, apalagi sudah di depan kompi rasanya otak ini nga jalan klo di depan gw tidak ada secangkir kopi panas dan kepulnya asap rokok, tapi kalo sudah ada kedua item itu sesusah apapun yang harus gw lakuin tetep susah :D.

Dari dulu ampe sekarang berbagai macam merek rokok sudah gw rasakan, kalo nga ada duit, bako (tembakau) pun jadi gw linting ajah tiap kali mau pake :D, dan saat ini gw tetep konsisten dengan A Mild *halah naon cenah ari konsisten teh* tapi sering juga rotasi dengan samsu (dji sam soe) yang memang sebelumnya pemakai samsu, yang disebabkan seringnya diprotes sama temen gw yang kebetulan dulu satu ruangan, jadinya gw beralih ke A mild (maklumlah karena dia sudah terpengaruh usia, kalo ada yang ngerokok samsu di ac langsung gohgoi :)) ).

Kadangkala kalau fikiran gw lagi jernih dan tidak di pengaruhi oleh syaiton-syaiton rokok, pengen rasanya berhenti, kenapa ? banyak alasan yang seringkali mendorong gw untuk berhenti ngerokok, pertama dari segi kesehatan sudah pasti, kedua dari segi agama termasuk perbuatan dzolim sama diri sendiri dan bisa juga dzolim sama orang lain kalo kita merokoknya di tempat umum dan dari segi agama juga, termasuk kepada perbuatan sia-sia. Dan mungkin masih banyak alasan-alasan lain yang belum gw pahami kenapa gw harus berhenti merokok.

Tapi pada kenyataannya, keinginan berhenti merokok pun hanya sebatas keinginan tanpa tindakan konkrit dari diri gw sendiri, ceuk batur mah NATO cenah alias No Action, Talk Only dan memang betul sekali, gw sering kali ngomong “Ah berhenti mau ngerokok ah !” tapi cuman sebatas omongan aja, nga ada niat yang kuat untuk melakukannya.

Ayo sep SEMANGAT !!!! *halah

{ 11 comments… add one }
  • ekowanz May 15, 2007, 9:38 pm

    aq pertama ngerokok itu smp..berlanjut sma…tapi waktu kuliah malah stop!! dan stop benar2 stop tanpa tau kenapa :d dan mpe sekarang udh ga ngerokok plus ga minum juga πŸ˜€

    • Kang Asep May 15, 2007, 11:40 pm

      wah….hebat bisa berhenti

  • viga May 16, 2007, 5:56 am

    wahhh… gua sech parah ngerokok nya euy… itungannya sech bukan ngebakar duit lagi .. tapi udah bikin api unggun pake duit.. hahahaha.. cuma kalo lagi seret, yaaaaaa dikurangin dulu…

    gua kemaren check ada cerutu cohiba.. yang satu kotak isi 40 linting dijual seharga $20.000 shit man!!

    berarti one piece about $500 !!! sekali isep bakar duit almost 5 million rupiah! shitttt…

    • Kang Asep May 16, 2007, 9:15 pm

      keren ngebakar duit πŸ˜€

  • roffi May 16, 2007, 9:07 pm

    saya mau berhenti juga ga bisa² euy

    • Kang Asep May 16, 2007, 9:14 pm

      ho oh susah, godaannya dahsyat :((

  • Ujang May 18, 2007, 2:08 pm

    Easy to say, hard to do ! Aku blomm pernah denger ada orang yang sukses berhenti merokok, Soalnya pasti lagi-lagi ngemulai
    Punten akang, ikut nimbrung, hoyong aya batur.

    Salam

  • ca-i May 18, 2007, 2:52 pm

    “dari segi agama termasuk perbuatan dzolim sama diri sendiri dan bisa juga dzolim sama orang lain kalo kita merokoknya di tempat umum dan dari segi agama juga, termasuk kepada perbuatan sia-sia.”

    Nah, itu tau…. ya udah atuh, dianggap perbuatan haram aja, toh kita memang diharamkan kan mendzolimi diri sendiri atau orang lain. Dibayangkan aja, pas lagi ngerokok tiba2 malaikat maut datang menjemput. Nah, siap ga tuh meninggal dalam keadaan su’ul khotimah (keadaan yang seburuk2nya).
    Na’udzubillahimindzalik.. πŸ™

  • han March 10, 2008, 1:12 pm

    semoga bisa segera berhenti merokok mas… anda senasib dengan saya…:(( cuma niat-niat dan niat…

  • asdi February 12, 2009, 9:19 pm

    easy to start but hard to stop. never try it πŸ™‚

Leave a Comment

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next post:

Previous post: